Malang, Jawa Timur, 01 Agustus 2024 – Sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengadakan studi lapangan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) lingkup pemerintah kabupaten dan kota se-Provinsi NTB ke Kota Malang, Jawa Timur, dan dipimpin langsung oleh Kepala BPSDMD NTB, Dr. H. ASHARI, SH., MH.
Rombongan terdiri dari 40 peserta yang terbagi dalam 4 kelompok tiba di balai Kota Malang pada pada pukul 08.00 dan disambut oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Malang Ibu SRI WINARNI, SH, yang mewakili PJ. Walikota Malang. Selama lima hari, para peserta akan mengikuti rangkaian kegiatan yang mencakup sesi materi, diskusi, seminar laporan serta kunjungan lapangan ke berbagai instansi pemerintahan di Kota Malang seperti Dinas Sosial P3AKB Kota Malang, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Malang, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah Kota Malang.
Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Malang Ibu SRI WINARNI, SH, menyampaikan sambutan PJ. Walikota Kota Malang bahwa PJ. Walikota Malang mengucapkan terimakasih atas di pilihnya Kota Malang sebagai lokus studi lapangan pelatihan kepemimpinan administrator yang diselenggarakan oleh BPSDMD Prov. NTB.
Dalam sambutan Kepala BPSDMD NTB, Dr. H. ASHARI, SH., MH. mengucapka banyak terimakasih atas sambutan hangat yang diberikan. Beliau menegaskan pentingnya pelatihan ini dalam meningkatkan kapasitas ASN di NTB. ” dengan berbagai tema penting yang meliputi penanganan stunting, hukum dan tata kelola, pengendalian inflasi, ekonomi kreatif, dan pelayanan publik. Melalui studi lapangan ini, kami berharap para peserta dapat memperoleh wawasan dan keterampilan baru yang dapat diimplementasikan di daerah masing-masing,” ujarnya.
Kepala BPSDMD NTB juga menegaskan Studi lapangan ini bertujuan untuk melakukan best practice implementasi kepemimpinan yang melayani, baik secara individu maupun kelompok. Para peserta STULA diharapkan mampu mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan strategi serta manajemen kinerja pelayanan yang dilakukan sesuai dengan lokus studi lapangan masing-masing.