Home / BERITA / AKUNTABILITAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN LATSAR CPNS KOTA MATARAM

AKUNTABILITAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN LATSAR CPNS KOTA MATARAM

AKUNTABILITAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN LATSAR

CPNS KOTA MATARAM

Oleh: Kidi,S.Sos,.M.Pd

CPNS adalah Calon Pegawai Negeri Sipil yang merupakan bagian dari ASN, karena sesuai dengan Undang-undang Aparatur Negara pada pasal 1 ayat 4 yang menyatakan disamping ASN dimaksud Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan. Kedua unsur ASN dimaksud juga mendapatkan hak yang sama untuk dapat melaksanakan tugas pemerintahan dimaksud dibutuhkan proses internalisasi yang tepat sehingga peserta lebih cepat memahami akuntabilitas sebagai salah satu modal dalam pelaksanaan tugas sehari-hari nantinya.

Proses pembelajaran metode E-Learning terasa sangat membantu penyampaian materi pada peserta. Hal ini sangat  terasa adanya gaerah peserta menjadi lebih terbangun sehingga proses pembelajaran menjdi lebih baik, terbukti peserta lebih aktif mendengarkan, memahami substansi-substansi dengan lebih mendalam dan terbukti  pada semangat yang ditunjukkan  pada pembahasanya dalam diskusi kelompok.

Pemateri Akuntabilitas dalam Vidio yang berdurasi 10 sampai 15 Menit yang merupakan sumber inspirasi peserta sekaligus sebagai media pembelajaran E-Learning oleh Widyaiswara adalah Widyaiswara Senior Drs. Awang Anwaruddin,M.Ed, sekaligus Master Trainer Puslatbang PK-ASN  Lembaga Adminsitrasi Negara. Dalam Diskusi tersebut didampingi oleh Widyaiswara Dr.H.Baban Sobandi,SE,. M,Si dan Dra.Enni Iriani, M.Ed. sebagai tim materi Akuntabilitas. Dalam Vidio tersebut mampu membahas isu-isu Akuntabilitas ASN secara umum sampai pada Akuntabilitas pejabat publik. Peserta Latsar kelas D Kota Mataram sangat antusias mengikutinya sehingga dalam diskusi kelompok mampu mengangkat isu-isu faktual di tempat tugas masing-masing yang dibawakan dengan Metode Roll Play. Dengan model tersebut tergambar sangat implementatif , sehingga diharapkan para peserta setelah menerima materi Akuntabilitas ini mampu membekali diri peserta dengan  nilai-nilai dasar  dan konsep akuntabilitas publik, konflik kepentingan dalam  masyarakat, netralitas PNS, keadilan dalam pelayanan publik, sikap perilaku yg konsisten.

Hal lain yang dapat kita ambil hikmahnya dari proses pembelajaran ini ketika ada hal-hal atau istilah yang kurang dipahami peserta, peserta dapat membrousing melalui pustaka media Internet yang sedang mereka aktifkan dan dapat dibahas bersama dalam kelompok.

Disamping penyajian dengan experiential learning, memberikan penekanan pada proses internalisasi nilai-nilai dasar,  metode ceramah interaktif, diskusi, studi kasus, simulasi, film pendek, sehinggatergambar keberhasilan peserta yang dinilai dari kemampuannya mengaktualisasikan dan mengekpresikannya dalam perilaku dan tindakan dalam tugasnya sehari-hari kelak.

Referensi:

  1. Buku Materi Akuntabilitas oleh Lembaga Adminstrasi Negara
  2. Vidio Puslatbang PK-ASN Lembaga Administrasi Negara
 

Check Also

KOMITMEN MUTU SUATU KEHARUSAN BAGI ASN

KOMITMEN MUTU SUATU KEHARUSAN BAGI ASN     Oleh: Kidi,S.Sos,.M.Pd Sumber: Slide Materi Komitmen Mutu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *