Home / SUARA WI / ASYIK BER ”AKUNTABILITAS” BERSAMA LATSAR CPNS KOTA MATARAM DENGAN METODE ROLE-PLAY

ASYIK BER ”AKUNTABILITAS” BERSAMA LATSAR CPNS KOTA MATARAM DENGAN METODE ROLE-PLAY

ASYIK BER ”AKUNTABILITAS” BERSAMA LATSAR CPNS KOTA MATARAM DENGAN

METODE ROLE-PLAY

 

Oleh : Wiwik SuprihatinWidyaiswara BPSDMD Provinsi NTB

 

Role Play atau bermain peran adalah salah satu metode yang digunakan dalam menginternalisasi materi pembentukan karakter PNS dan membentuk kemampuan bersikap dan bertindak profesional dalam menjalankan tugas dan jabatannya sebagai Pelayan masyarakat. Penerapan metode ini membawa suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan melibatkan langsung peserta sebagai problem solving (Mardiyan, R:2012)

Memahami konsep Akuntabilitas melalui performance kelompok  saat memerankan suatu situasi yang berkaitan dengan materi, mampu membentuk suatu persepsi yang diharapkan dalam pembentukan karakter PNS yaitu terbentuknya nilai-nilai dasar  kepemimpinan, transparansi, integritas, tanggungjawab, keadilan, kepercayaan, keseimbangan, kejelasan dan konsitensi dalam melaksanakan kewajiban pertanggungjawaban dan acuan berperilaku  sebagai PNS.

Materi Akuntabilitas Oleh : Wiwik Suprihatin

Skenario yang telah disusun dengan apik lengkap dengan backsound dan kreativitas pemilihan property pentas mampu diterjemahkan dalam pembagian peran, sehingga dapat tergambar dalam adegan kemampuan peserta untuk berperilaku secara akuntabel dalam ranah atau kasus umum yang terkait dengan penegakan akuntabilitas. Peran seorang PNS yang berani menyampaikan kebenaran dengan komitmen yang tinggi meskipun sulit dan berisiko mengorbankan kepentingan pribadi, merupakan perilaku akuntabel yang ingin ditunjukkan dalam menghindari perilaku curang dan koruptif (Fraudulent and Corrupt Behaviour). Peserta juga berhasil menunjukkan dilema perilaku  dalam penggunaan sumber daya negara, konflik kepentingan dan perilaku yang berkaitan dengan, transparansi,  penyimpanan dan penggunaan data serta informasi pemerintah.

Totalitas peserta Diklatsar Kota Mataram  dalam memainkan peran yang telah terkonsep dan disesuaikan dengan tujuan  pembelajaran, ditunjukkan dalam kekompakan anggota membawa pesan bahwa CPNS Kota Mataram “SIAP” menerapkan nilai-nilai dasar dalam dalam proses internalisasi Nilai-nilai Dasar Akuntabilitas. PNS yang Akuntabel , SIAPmenjalankan amanahnya sebagai pelayan publik yang baik kepada masyarakat, menunjukkan jati diri sebagai bagian dari solusi dan bukan sebagai sumber permasalahan.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *