Home / SUARA WI / CERMIN KEBAIKAN

CERMIN KEBAIKAN

Oleh : Drs. Cukup Wibowo

Seperti perlombaan kebaikan, satu sama lain seperti berebut ingin membagi kebaikan menurut pikirannya. Tentu saja itu baik. Karena memang tak ada yang sia-sia dengan maksud baik, bahkan untuk secuil "sharing kebaikan" di sekedar grup whatsapp atau ruang medsos lainnya.

 

Berbagi kebaikan itu sesungguhnya bisa menjadi terapi yang amat produktif bagi siapapun yang melakukan karena akan membuat dirinya senantiasa berada di orbit kemuliaan dimana kebaikan bermuasal. Berbagi kebaikan akan juga menjadi semacam pengingat diri (self reminder) saat tindakan mulai tak sesuai dengan rumusan-rumusan kebaikan yang sudah tertanam di pikiran.

 

Terhadap apapun yang namanya kebaikan rasanya kita semua tanpa terkecuali memang akan bertemu di orientasi yang sama, ialah kebermanfaatan bagi lainnya.

 

Tak perlu diandaikan atau diperdebatkan; apakah seseorang itu mesti terbukti dulu amalan kebaikannya  baru boleh menghimbau, atau sebaliknya, boleh berujar kebaikan bila dirinya sudah terbukti baik. Prerogatif kebaikan itu ada di tangan Tuhan. Cara kita melakukan penilaian terhadap seseorang untuk apa yang ada pada dirinya hanya akan membuat kita, tanpa sadar, telah mengambil prerogatif itu.

 

Dalam interaksi komunalitas yang menghadirkan diri kita di dalamnya, yang paling penting adalah bagaimana kita terus mewaspadai pikiran dan perasaan kita untuk tak merasa paling hebat, paling berguna, paling berjasa, maupun "paling" lainnya yang membuat orang lain justru merasa "pangling" dengan keberadaan kita. Itu sama halnya dengan diri kita dianggap hadir tapi senyatanya belum dirasakan kehadiran kita.

 

Bila cermin kebaikan adalah tindakan, mestinya kita tahu ukuran kebaikan yang sudah kita lakukan sejak awal hingga akhirnya. Semoga.

 

Kopajali-Mapak, Senin 2 Des 21019

 

Check Also

SILATURAHIM KEPALA BPSDMD NTB DENGAN WIDYAISWARA

SILATURAHIM KEPALA BPSDMD NTB DENGAN WIDYAISWARA   Suasana Silaturahim Kepala BPSDMD NTB dengan Para Bapak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *