Home / | / Dinamika Kelompok sebagai Starting Point Pembelajaran Sukses

Dinamika Kelompok sebagai Starting Point Pembelajaran Sukses

Penulis :
Haeli,. SE., M.Ak
Widyaiswara BPSDM NTB

Waktu menunjukkan pukul 07.00 pagi melirik jadwal yang tertera pada selembar kertas memastikan bahwa 30 menit lagi pembelajaran Dinamika Kelompok akan dimulai. Dengan bergegas langkah bergerak menuju ke ruang kelas, yaa… hasrat bertemu dengan anak-anak spesial, generasi four point zero (4.0), generasi mileneal calon birokrat masa depan, birokrat berkelas dunia yang memberikan pelayanan profesional sepenuh hati jiwa dan raga. Assalamualaikum…selamat pagii!! Sapa hangat menggema di ruang kelas.
Pada sebuah pelatihan pada umumnya para peserta sangat heterogen baik dalam pendidikan, jabatan, pengalaman, usia, latar belakang kehidupan serta harapan yang dimiliki. Mata diklat Dinamika kelompok sebagai suatu metoda dan proses, merupakan salah satu alat manajemen untuk menghasilkan kerjasama di dalam kelas lebih optimal, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif, efisien dan produktif. Sebagai metoda, dinamika kelompok membuat setiap peserta diklat semakin menyadari siapa dirinya dan siapa orang lain yang ada dalam kelompok dengan segala kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Pemahaman ini perlu dimunculkan karena kelompok akan menjadi efektif apabila setiap orang mengetahui bahwa kelemahannya dapat ditutupi dengan hadirnya anggota kelompok lain dan kekuatannya dapat dijadikan modal untuk mencapai tujuan kelompok. Sehingga kelompok yang hebat memiliki satu tujuan, satu cara tertentu untuk mencapai tujuan yang diciptakan dan disepakati bersama dengan melibatkan semua individu anggota kelompok tersebut sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Sebagai suatu proses, dinamika kelompok merupakan starting point yang berupaya menciptakan situasi sedemikian rupa, sehingga membuat seluruh anggota kelompok merasa terlibat secara aktif dalam setiap tahap perkembangan atau pertumbuhan kelompok, agar setiap orang merasakan dirinya sebagai bagian dari kelompok dan bukan orang asing.
Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah Unsur Aparatur Negara, dan Abdi Masyarakat yang berperan melayani masyarakat. Dalam rangka mengemban perannya tersebut Aparatur Sipil Negara perlu memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Salah satu kompetensi tersebut adalah “Kemampuan bekerjasama dalam kelompok melalui komunikasi yang saling menghargai “. Setelah mengikuti pembelajaran mata diklat “Dinamika Kelompok” diharapkan para calon ASN akan mampu untuk bekerjasama dalam kelompok secara efektif dan efisien, sehingga dapat membangun tim belajar yang dinamis hingga berakhirnya masa diklat.
Mata diklat Dinamika Kelompok seringkali digunakan sebagai mata diklat pengantar, mata diklat ini bukan hanya dipandang sebagai acara perkenalan dalam arti sempit, hura-hura dan membuang waktu saja, tetapi mempunyai peran yang sangat penting sebagai starting point untuk menunjang keberhasilan dari suatu pelatihan itu sendiri. Menurut beberapa literatur Dinamika kelompok berasal dari kata “dinamika” dan “kelompok”. Dinamika berarti interaksi atau interdependensi antara satu dengan yang lain. Istilah dinamika kelompok berasal dari bahasa Inggris ”dynamics” yang berarti mempunyai gairah atau semangat untuk bekerja. Dinamika merupakan suatu pola atau proses pertumbuhan, perubahan atau perkembangan dari suatu bidang tertentu, atau suatu sistem ikatan yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi antara unsur yang satu dengan yang lain, karena adanya pertalian yang langsung diantara unsur-unsur tersebut. Pengertian dinamika ini lebih menekankan pada gerakan yang timbul dari dalam dirinya sendiri, artinya sumber geraknya berasal dari dalam kelompok itu sendiri, bukan dari luar kelompok.
Dengan demikian pengertian dinamika kelompok dapat dirumuskan sebagai: Suatu metoda dan proses yang bertujuan meningkatkan nilai-nilai kerjasama kelompok. Artinya metode dan proses dinamika kelompok ini berusaha menumbuhkan dan membangun kelompok, yang semula terdiri dari kumpulan individu-individu yang belum saling mengenal satu sama lain, menjadi satu kesatuan kelompok dengan satu tujuan, satu norma dan satu cara pencapaian berusaha yang disepakati bersama.
Adapun tujuan dinamika kelompok yang diinginkan untuk setiap kelompok yaitu: pertama sebagai lumbung dari ide yang ingin dilaksanakan, kedua sebagai ikatan jiwa antara anggota kelompok, ketiga menjadi sasaran dan juga menjadi sumber dari konsep perencanaan kerja, keempat menjadi motivasi dalam mengadakan persaingan/aktivitas, kelima menjadi perangsang untuk mendapatkan kepuasan kerja, keenam menjadi arah yang tetap dalam menjalankan tugas kelompok.
Dalam kehidupan nyata Dinamika kelompok juga memiliki fungsi penting yaitu untuk membentuk kerjasama saling menguntungkan dalam mengatasi persoalan hidup. Bagaimanapun manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Memudahkan segala pekerjaan Banyak pekerjaan yang tidak dapat dilaksanakan tanpa bantuan orang lain. Mengatasi pekerjaan yang membutuhkan pemecahan masalah dan mengurangi beban pekerjaan yang terlalu besar sehingga selesai lebih cepat, efektif dan efisien pekerjaan besar dibagi-bagi sesuai bagian kelompoknya masing-masing/sesuai keahlian.
Hubungan psikologis yang nyata dan dinamika akan terjadi dan tercapai dengan sendirinya orang-orang yang ada di dalam kelompok akan bergaul secara intensif dalam kurun waktu yang cukup lama, mingguan, bulanan bahkan puluhan tahun, seperti yang terjadi dalam kehidupan masyarakat yang sesungguhnya. Selama kurun waktu yang panjang tersebut selalu terjadi proses storming (pancaroba) dalam bentuk konflik-konflik dan kerjasama antar individu atau kelompok warga dengan individu atau kelompok warga lainnya, sampai suatu saat tertentu mereka menemukan satu kesatuan nilai dan norma yang dipahami dan disepakati bersama, sehingga berbentuklah sebuah kelompok masyarakat yang bersifat permanen dengan tradisi budaya yang khas. Ruang kelas mulai bergemuruh suara tepuk tangan dan hiruk pikuk kegembiraan peserta diklat mulai terlihat. Kelas ini menjadi berbeda, sekat yang tercipta diawal pertemuan perlahan-lahan mulai mencair .

Dinamika Kelompok – Kelas D LATSAR CPNS Gol II & III Angkatan III Lingkup Pem Prov NTB Tahun 2019 – BPSDMD Provinsi NTB

Are you ready…Yes Sir.. Siapa kitaaa???
Dragon!! ..Dragon!!! Huuuu!!! Haaa!!!
Eeee kami ini diklatsar CPNS siap ditugaskan dimana saja,..
di Sumbawa..Bima-Lombok juga Dompu pasti siiap..
Dragon!! “Semangat Pantang Menyerah” yes..yes..yes!!!
Selamat bertugas Calon Birokrat berkelas dunia ..
Semoga bermanfaat (*).

BPSDMD-NTB – (20/6/2019)

 

Check Also

Mentransformasi Semangat Bushido Jepang Ke Dalam Rumah Perubahan BPSDMD NTB

“Mentransformasi Semangat Bushido Jepang Ke Dalam Rumah Perubahan BPSDMD NTB ” Penulis : Haeli., SE., …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *