ENERGI SUBUH SEBAGAI SUMBER KREATIVITAS YANG MENAKJUBKAN


Oleh Cukup Wibowo

Penghayatan atas subuh sebagai awal waktu dalam sehari,
menjadikan kita makin mengerti akan kemunculan energi positif dalam diri kita.

Dalam praktek kehidupan yang kita jalani terdapat ragam kebaikan yang tercurah di muka bumi ini yang dihadiahkan Tuhan kepada kita. Kebaikan itu seumpama jawaban atas harapan, ia hanya bisa dirasakan oleh yang bersungguh-sungguh menghayati keberadaannya. Di posisi yang berbeda, mereka yang tak besungguh tentu tak akan pernah merasakan adanya kebaikan yang juga menjadi haknya sebagai makhluk yang sama di mata Tuhan. Meski sangat jelas beda antara yang baik dan yang buruk, tapi kompleksitas keadaan yang dipicu oleh perubahan zaman membuat kebaikan dan keburukan tak terlihat atau terasa saat mengecoh pikiran kita.
Keberadaan subuh tentu tak cuma melengkapi keberadaan waktu, melainkan pesan yang dikandung waktu dengan begitu banyak keistimewaan. Tak hanya oleh akal sehat yang membenarkan kebermanfaatan pagi, subuh adalah kebaikan dalam rupa energi yang menakjubkan bila dihayati dengan sepenuh perasaan dan sepenuh harapan akan produktivitas yang terurai di dalamnya.
Kesegaran tubuh oleh udara yang masih segar tak pelak akan membuat peredaran darah di tubuh makin lancar yang dipicu oleh meningkatnya kadar oksigen di dalam tubuh. Apakah kita sanggup mendustakan nikmat Tuhan yang hebat atas tubuh yang sehat? Atas pertanyaan tersebut tentu jawabannya adalah sebuah kebodohan yang sangat bila kita mengingkarinya.
Siapapun yang secara rutin menjalankan ritual ibadah subuh dan memanfaatkan waktu seusainya dalam kegiatan entah itu olahraga atau aktivitas lainnya akan merasa lebih bahagia dan berpikiran positif.  Semua tentu tak lepas dari bagaimana tubuh bisa terjaga dalam keteraturan yang menyenangkan. Pagi tak ubahnya starting moment bagi kita untuk melakukan penghayatan total pada kesanggupan kita dalam merasakan setiap detil dari apa yang kita lakukan. Tubuh yang senantiasa melakukan refleksi diri adalah tubuh yang bersedia untuk menjalani setiap kebaikan dan menjauhi setiap keburukan.
Penghayatan atas subuh sebagai awal waktu dalam sehari, menjadikan kita makin mengerti akan kemunculan energi positif dalam diri kita. Sebuah energi yang dapat tercipta saat kita bangun dan menghirup udara pagi dengan sepenuhnya. Ritual pagi sejak sebelum tibanya subuh hingga setelahnya adalah wilayah waktu terbaik untuk menghasilkan energi positif sebagai bahan terbaik bagi terciptanya kreativitas dan produktivitas secara alami.
Tak hanya itu, para pendulang sukses oleh produktivitas yang dihasilkannya, bila ditanya resepnya, salah satu yang akan diceritakan sebagai success story-nya adalah bagaimana mereka bisa memiliki mood bagus saat memproduksi karya-karyanya. Para pakar menyebutkan bahwa hormon serotonim adalah unsur penting dalam penciptaan suasana hati dan juga keseimbangan mental dalam tubuh. Hormon itu terbentuk dengan sangat bagusnya saat kita bangun pagi.
Semoga pagi yang secara penuh kita miliki, rasakan, dan gunakan tak hanya membuat kita memiliki energi, semangat, dan mood yang meningkat, tapi bisa juga memberikan pengaruh positif bagi kehidupan di sekeliling kita.
Kopajali, Minggu 21 Juli 2019

 

Check Also

TENTANG MENULIS KREATIF || Catatan ringan Cukup Wibowo

TENTANG MENULIS KREATIF Catatan ringan Cukup Wibowo Selalu saja pertanyaan klasik itu muncul dan berulang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *