Home / BERITA / GIAT MONEV BIDANG EVAPOL

GIAT MONEV BIDANG EVAPOL


…Memantau CPNS menggapai mimpi …
Sobat Gemilang dan Insan BerPikir…

Kehadiran Bidang Evapol dan Kerjasama Antar Lembaga (EPK) sebagai bagian dari bidang di BPSDMD NTB sejak Bulan April tahun 2021 lalu, tentu diharapkan oleh Pimpinan agar mampu memperkuat Squad Bidang yang telah ada untuk menjadi lebih solid dan kuat dalam menggapai marwah BPSDMD menuju lebih bermartabat.
Sebagai bidang yang paling bontot, bidang EPK memiliki Tugas dan Fungsi diantaranya untuk melakukan Pembinaan, Pengoordinasian, Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan.
Dalam kurun waktu satu minggu terakhir ini Bidang EPK telah melaksanakan kegiatan Pemantauan dan Evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan Latsar CPNS yang deselenggarakan di Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Tengah dengan pola Kerjasama.


Dalam giat pemantauan dan evaluasi yang dilakukan pada tanggal 29 dan 30 Juni 2021 tersebut, Tim yang dipimpin langsung oleh Kabid EPK, H.Saiful Islam, dan didampingi Kasubbid Pembinaan dan Pengendalian PKMF Ibu Hj.Rina Novita beserta staf, menelisik pada beberapa item yang menjadi standar pelaksanaan diantaranya kelengkapan Administrasi Penyelenggara seperti rekomendasi penyelenggaraan dan penjaminan mutu, Rekomendasi dari Satgas Covid Kabupaten, Jadwal Kegiatan Pembelajaran dll.
Tim Evapol juga memantau bagaimana seluruh proses pelaksanaan dilapangan terhadap kegiatan Latsar CPNS dengan menggunakan metode Klasikal/Tatap Muka dimasa Pandemi ini, seperti ruang kelas dan kelengkapan sarpras, Tenaga Pengajar dan Ketersediaan tenaga medis hingga Dapur Umum.
Dari hasil pantauan dilapangan sangat jelas terlihat bahwa Panitia Penyelenggara berusaha untuk tetap disiplin dalam menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan ketat : Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta Menjaga jarak bagi seluruh personil yang beraktifitas didalam lingkungan asrama kediklatan.

Dalam penyediaan fasilitas bagi pelaksanaan Prokes, panitia telah menyiapkan lokasi untuk tempat cuci tangan dan ketersediaan handsanitizer yang diletakkan pada beberapa titik yang mudah dijangkau peserta, panitia juga turut menyiagakan tim medis yang bertugas secara system ship selama 24 Jam.

Panitia juga telah menunjuk piket panitia dan pelatih yang di berlakukan secara terjadwal dan terbatas , belum lagi penerapan ketat dengan pembatasan segala aktifitas dan mobilisasi dari luar ke dalam asrama Latsar CPNS kiranya menjadi ikhtiar panitia penyelenggara untuk menjaga keamanan peserta serta menghindari terjadinya penyebaran Covid-19 di lingkungan asrama peserta.
Proses penyampaian materi di kelas oleh Narasumber yang berasal dari Widyaiswara BPSDMD NTB juga menjadi pantauan dan evaluasi oleh Tim. Dalam kesempatan berdiskusi ringan dengan Panitia dan Narasumber Kabid EPK menyampaikan pesan moral agar Panitia tetap bersemangat mengawal pelaksanaan Latsar CPNS ini hingga tuntas dengan kondisi sehat, aman dan terkendali.
Dan disela – sela istirahat siang tersebut, Kabid EPK juga menitipkan pesan kepada Widyaiswara agar Proses pembelajaran yang dilakukan didalam kelas untuk selalu berpedoman dan menerapkan Prokes dengan ketat. Dan diakhir perbincangan Kabid EPK juga meminta kepada Panitia untuk ikut mensukseskan Program “Zero Waste” dengan meminta kepada seluruh peserta dan panitia memakai Tumbler atau wadah untuk minum yang bisa dipakai terus selama pelaksanaan kegiatan latsar serta mengurangi bahkan meniadakan air minum kemasan.

Semoga ikhtiar dari seluruh penyelenggara dan stakeholder dalam mewujudkan mimpi para CPNS menjadi ASN yang berkarakter dan berkualitas dalam masa pandemic ini menjadi sebuah proses pembelajaran dan bernilai ibadah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *