Home / BERITA / GOT TALENT ASN MELALUI MANAJEMEN TALENTA

GOT TALENT ASN MELALUI MANAJEMEN TALENTA

Sobat Gemilang dan Insan BerPIKIR

Menyiapkan pegawai – pegawai terbaik dalam memimpin institusi, menyusun kebijakan yang tepat dan mampu memberikan pelayanan terbaik adalah bagian dari usaha reformasi dan strategi nasional yang dilakukan melalui Manajemen Talenta.

Sebagai sebuah proses yang komprehensif dan dinamis dalam mengelola sumber daya manusia yang memiliki potensi dan kompetensi terbaik sesuai jabatan yang dimiliki dalam organisasi melalui pengelolaan terintegrasi, Manajemen Talenta hadir melalui Peraturan MenPAN dan RB Nomor 3 tahun 2020 tentang Manajemen Talenta ASN.

Dalam upaya membangun dan menebar semangat Manajemen Talenta ini, pada hari Jum’at (9/4/2021) yang lalu, Kepala Bidang SKPK menginisiasi untuk melakukan sharing dan transfer knowledge tentang Manajemen Talenta ini kepada jajaran manajerial dan pelaksana yang ada di beberapa Bidang seperti SKPK, PKTUF, PKM, dan Subbid Program. Tiga orang personil BPSDMD NTB memang telah di tugaskan untuk mengikuti kegiatan Diklat Manajemen Talenta yang diselenggarakan oleh LAN RI di waktu yang lalu, (Arif Rahman, Khairul Fikri dan Siti Humaera) dan pada kesempatan tersebut Bapak Arif Rahman yang bertindak sebagai Pembicara.

Dari giat sharing yang berlangsung hampir selama 2 (dua) jam tersebut ada beberapa point menarik diantaranya :

Disebutkan bahwa Tujuan Manjemen Talenta adalah :

  1. Menempatkan orang yang tepat pada pekerjaan yang tepat.
  2. Mempertahankan Pegawai yang bertalenta tinggi.
  3. Perekrutan yang lebih baik.
  4. Memahami Pegawai dengan lebih baik.
  5. Keputusan Pengembangan Profesional yang lebih baik.

Dan ada 4 (empat) aspek utama dalam melakukan pendekatan terstruktur untuk mengembangkan potensi pegawai dan mempertahankan talenta didalam sebuah organisasi yaitu melalui :

  1. Akuisisi Talenta
  2. Pengembangan Talenta
  3. Retensi Talenta dan
  4. Penempatan Talenta.

Dan untuk mendapatkan hasil yang efektif, ke 4 aspek ini harus saling terintegrasi dengan baik.

Tentu keberhasilan dari pelaksanaan proses Manajemen Talenta ini semua bergantung dari kesiapan kita didalam melaksanakannya dan yang terpenting adanya komitmen pimpinan institusi untuk mengimplementasikan Manajemen Talenta ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *