Home / | / Inovasi Media Pembelajaran dengan Aplikasi Digital

Inovasi Media Pembelajaran dengan Aplikasi Digital

[by: Nurhikmah, S.I.P.,M.Hum]
21-mei-2019

Arah pembangunan ASN pada RPJM ke-4 (2020-2024) adalah tercapainya “World Class Government”, yang menekankan pentingnya profil ASN dengan penguasaan terhadap Nasionalisme, Integritas, Hospitality, Networking, Teknologi Informasi, Bahasa Asing, dan Entrepreneurship.

Hal itu pula yang ditekankan pada Pelatihan Dasar CPNS termasuk Provinsi Nusa Tenggara Barat. Untuk menjadi ASN yang professional, salah satunya dengan penguasaan Teknologi Informasi. Hal ini juga harus dilakukan oleh tenaga pendidik Latsar, termasuk Widyaiswara.Salah satu yang harus terus dikembangkan adalah media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi digital. Saya Nurhikmah, S.I.P.,M.Hum, Widyaiswara di BPSDMD Provinsi NTB yang memanfaatkan dan menggunakan Teknologi ini dalam proses mengajar .

Dalam video kita bisa melihat pola assessment dan evaluasi dilakukan dengan paperless, menggunakan aplikasi Kahoot. Selain membuat peserta menggunakan smartphone dengan fun, evaluasi ini disajikan dengan pola games, sehingga bisa diaplikasikan langsung, dan terlihat hasilnya. Hal ini membuat peserta lebih fun dan sekaligus melek dengan teknologi.  Syarat untuk bermain adalah memiliki smartphone dan terhubung internet. Materi kuisnya berasal dari mata diklat yang sedang diajarkan, sehingga belajar bisa sekaligus bermain.

“Apalagi materi yang diajarkan terkait komitmen mutu, yang mengedepankan efektivitas, efisiensi, inovasi, dan mutu, kita sebagai pemateri juga harus mengaplikasikan metode yang inovatif dan kreatif”.  Bagi yang menang kuis juga diberikan reward berupa buku, untuk memotivasi peserta di kelas D, yang seluruhnya adalah guru. Selain itu, tampilan presentasi yang menarik dan milenial, serta cerita-cerita inspiratif juga bisa membuat suasana kelas menjadi hangat dan materinya bisa tersampaikan dengan baik. Di akhir sesi, kelas dibagi beberapa kelompok untuk mendiskusikan brand dari sebuah produk dan aktualisasi nilai komitmen mutu.

[nhbumi]

 

Check Also

PEMBUKAAN BIMBINGAN TEKNIS & PENYULUHAN PENINGKATAN KAPABILITAS DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT ANTI KORUPSI

Hallo Sobat NTB Gemilang & Insan BerPIKIR... Ormas, LSM dan Mahasiswa di NTB ikuti Bimtek …

2 Komentar

  1. Pembelajaran Yang sangat mengasyikan.
    Ditunggu lagi pemberian materinya di kelas D

     
  2. Luar biasa..banyak pengalaman, banyak ilmu berharga di ajar sama para WI yang hebat lagi kreen..maju terus BPSDM NTB..NTB GEMILANG..

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *