Home / BERITA / KUNJUNGAN KERJA BIDANG PKTUF DALAM RANGKA KOORDINASI KEGIATAN TEKNIS DIKLAT FUNGSIONAL

KUNJUNGAN KERJA BIDANG PKTUF DALAM RANGKA KOORDINASI KEGIATAN TEKNIS DIKLAT FUNGSIONAL

Sobat Gemilang dan Insan berPIKIR

Menjelang pelaksanaan beberapa kegiatan Diklat Teknis dan Fungsional pada Bidang PKTUF BPSDMD Provinsi NTB tahun 2021 ini, maka segenap jajaran manejemen dan pelaksana pada Bidang Bidang PKTUF khususnya Sub Bidang Pengembangan Kompetensi Fungsional melaksanakan kegiatan perjalanan Dinas dalam rangka Koordinasi Kegiatan Teknis Diklat Fungsional Pemerintah Provinsi NTB tahun 2021 di beberapa Kabupaten/Kota se NTB. Berikut adalah  hasil koordinasi dengan Kabupaten/Kota tersebut.

Kabupaten Lombok Barat

Koordinasi dilaksanakan pada tanggal 16 Maret 2021,bertempat di Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pengembangan SDM Kabupaten Lombok Barat, Tim BPSDMD NTB diterima oleh Kabid Pengembangan SDA Ibu Raodah, S.Sos.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa untuk tahun 2021 ini pihak BKPPSDM Lombok Barat merencanakan beberapa kegiatan Diklat Fungsional seperti Diklat Penjenjangan Pol.PP dan Uji Kompetensi Pol.PP dan Diklat Analis Kepegawaian.

BKPPSDM juga akan menyiapkan peserta Diklat Fungsional yang diselenggarakan oleh BPSDMD Provinsi NTB, baik melalui pola kontribusi ataupun kemitraan.

Terkait Uji Kompetensi Pol.PP pihak BPSDMD NTB menyarankan agar berkonsultasi dengan Bidang SKPK selaku pelaksana, agar tidak terdapat kendala didalam penyelesaian pertanggungjawaban kegiatan.

Mengingat kebutuhan OPD pada Pemda Lombok Barat terhadap jabatan fungsional maka Pengembangan Kompetensi ASN untuk mengikuti Diklat Fungsional menjadi sebuah hal yang Urgent.

 

Kabupaten Lombok Timur

Kegiatan koordinasi dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2021,Bertempat di Kantor BKD dan PSDM Kabupaten Lombok Timur, rombongan BPSDMD NTB diterima oleh Kabid SDM Bapak Mustiaji Amirudin, SP. Dalam kesempatan tersebut ada beberapa hal yang tersampaikan diantaranya :

Bahwa saat ini BKD dan PSDM Kab.Lombok Timur sedang melaksanakan kegiatan Latsar CPNS di Lingkungan Pemda Lombok Timur yang sempat tertunda tahun kemarin.

BKD dan PSDM Lombok Timur juga menyiapkan rencana program kegiatan tahun 2021 untuk diklat Kepemimpinan dan Diklat Teknis Fungsional. Namun karena terkendala anggaran khususnya di masa pandemic seperti ini, maka kegiatan diklat teknis fungsional ataupun diklat pilihan dan umum tidak dapat di anggarkan.

Untuk pelaksanaan Diklatsar Pol.PP, pihak Kabupaten sebenarnya sangat membutuhkan, namun karena kendala jumlah personil Pol.PP yang terbatas dan tersebar di beberapa Kecamatan, membuat ini menjadi sebuah kendala didalam pelaksanaannya.

 

Kabupaten Sumbawa

Koordinasi dilaksanakan mulai tanggal 18 s.d 20 Maret 2021, bertempat di BKPP Kabupaten Sumbawa dan diterima oleh Kabid Diklat dan Disiplin Aparatur Bapak Ahmad Mulyani, SH.

Hasil koordinasi sebagai berikut :

Rencana kegiatan Diklat Teknis dan Fungsional untuk tahun 2021, tidak dapat dianggarkan karena keterbatasan dana/anggaran yang dikarenakan pengalihan anggaran pada penanggulangan Covid 19.

Untuk kegiatan kediklatan difokuskan pada Pelatihan dasar CPNS dan Pelatihan Kepemimpinan Administrator tahun 2021.

BKPP Kabupaten Sumbawa berharap ada rapat Koordinasi yang dilaksanakan oleh BPSDMD Provinsi NTB, agar informasi dan koordinasi terkait pelaksanaan kegiatan diklat peningkatan kompetensi ASN, baik diklat teknis, fungsional dan manajerial serta uji sertifikasi kompetensi bisa sinkron dan terencana dengan baik.

 

Kabupaten Dompu

Koordinasi kegiatan diklat teknis fungsional oleh Tim BPSDMD NTB dilaksanakan pada tanggal 17 s.d 19 Maret 2021.

Rombongan diterima oleh Kabid PSDM, Badan Kepegawaian dan PSDM Kabupaten Dompu bapak Muslihin, S.Sos.

Ada beberapa informasi hasil koordinasi tersebut yakni :

Disampaikan oleh Kabid PSDM bahwa anggaran Kabupaten Dompu untuk pengembangan Kompetensi ASN tahun 2021 sebesar 2,7 M. Anggaran tersebut adalah diprioritaskan untuk pelaksanaan Diklatsar CPNS, disebabkan adanya penundaan/refocusing anggaran pada tahun 2020 yang lalu.

Dimana seluruh kegiatan kediklatan pada tahun itu ditiadakan dan difokuskan pada penanganan Covid 19.

Untuk pelaksanaan Diklat PKA/PKP dan Diklat Teknis ataupun Fungsional pada tahun ini belum bisa dilaksanakan karena keterbatasan dana Pemda Kabupaten Dompu .

Akibat kurangnya informasi dan sosialisasi dilingkungan ASN Kabupaten Dompu, kebanyakan dari ASN ini belum tertarik untuk beralih status kepada Jabatan Fungsional.

BKD dan PSDMD Kab.Dompu akan melakukan koordinasi dengan BPKAD dan BAPPEDA kab.Dompu agar dapat mengalokasikan anggaran bagi peningkatan kompetensi ASN di Kab.Dompu.

 

Kabupaten Bima

Pelaksanaan Koordinasi dilakukan pada tanggal 17 s.d 19 Maret 2021. Rombongan diterima oleh Kasubid Diklat Struktural dan Penjenjangan BKD dan PP Kabupaten Bima Bapak Dian Ashary, SIP. Dari hasil koordinasi tersebut dapat terangkum informasi sebagai berikut :

Diklat Fungsional ditahun 2021, yang direncanakan adalah Diklat Calon Kepala Sekolah,Uji Kompetensi Pol.PP dan diklat Teknis Fungsional Analis Kepegawaian.

Beberapa ASN di lingkup Kabupaten Bima sedang dijadwalkan untuk mengikuti Uji Kompetensi bagi Jabatan Fungsionalyang pelaksanaannya bertempat di BKN Wilayah IV Provinsi NTB.

Pihak Kab.Dompu juga siap mengirimkan peserta untuk mengikuti Diklat Jabatan Fungsional yang dilaksanakan oleh BPSDMD Prov.NTB baik melalui pola Kontribusi ataupun Kemitraan.

Dikarenakan di Kabupaten Bima belum adanya Panitia Penilai Jabatan Fungsional, maka hal ini menjadi kendala bagi para ASN dilingkup Kab.Bima untuk beralih status ke jabatan Fungsional.

 

Dari koordinasi yang dilaksanakan di beberapa Kabupaten/Kota se NTB, tersebut maka dapat disimpulkan bahwa keberadaan pelaksanaan Diklat Jabatan Fungsional menjadi hal yang sangat penting dan dibutuhkan di dalam Peningkatan Kompetensi ASN baik itu di tingkat Kabupaten/Kota ataupun Provinsi NTB.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *