Home / BERITA / KUNJUNGAN ROMBONGAN STUDI TIRU OLEH BPSDMD PROVINSI JAMBI

KUNJUNGAN ROMBONGAN STUDI TIRU OLEH BPSDMD PROVINSI JAMBI

Hallo Sobat NTB Gemilang & Insan BerPIKIR...
Rabu, 3 Nopember 2021, BPSDMD Provinsi NTB menerima Kunjungan Rombongan Studi Tiru dari BPSDM Provinsi Jambi. Rombongan tersebut diterima oleh Sekretaris BPSDMD Provinsi NTB, Bapak Muhamad Husni, S.Sos, M.Si bersama para pejabat Administrator dan Pengawas serta Perwakilan Widyaiswara lingkup BPSDMD Provinsi NTB. Rombongan berjumlah 7 (tujuh) orang yang dipimpin langsung oleh Kepala BPSDM Provinsi Jambi, Bapak H. M. Iskandar Nasution, S.H, M.Si yang didampingi oleh pejabat administrator Pengawas dan Pelaksana. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Studi Tiru terkait Penyusunan Dokumen Akreditasi Lembaga dan Akreditasi Program. Kunjungan tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu dari tanggal 3 s.d 4 Nopember 2021.
Ada 2 (dua) tujuan utama yang ingin diperoleh BPSDM Provinsi Jambi melalui kunjungan ini, yaitu: 1) memperoleh pengalaman dan informasi (Sharing Informations and Experiences) terkait penyusunan Dokumen Akreditasi yang sudah dilakukan oleh BPSDMD Provinsi NTB sesuai aturan akreditasi yang baru, yaitu Peraturan Kepala LAN Nomor 13 Tahun 2020 tentang Akreditasi Pelatihan. 2). menggali keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh BPSDMD Provinsi NTB untuk dapat dijadikan sebagai praktek terbaik (Best Practice) sehingga dapat diadopsi oleh BPSDM Provinsi Jambi.
Dasar pertimbangan dipilihnya BPSDMD Provinsi NTB sebagai Lokus dari Studi Tiru Akreditasi ini adalah mengingat BPSDMD Provinsi merupakan satu-satunya Lembaga Penyelenggara Pelatihan Pemerintah sebagai perwakilan dari Instansi Pemerintah Daerah yang ditunjuk oleh Lembaga Administrasi Negara untuk dilakukan Penilaian Akreditasi dengan Sistem Akreditasi yang baru bersama 2 (dua) instansi lainnya yaitu 1 (satu) instansi perwakilan dari kementerian dan 1 (satu) instansi lagi perwakilan dari Lembaga Negara pada Tahun 2020.
Adapun keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh BPSDMD Provinsi NTB yang dapat dijadikan praktek

terbaik

adalah sebagai berikut: a). Adanya Sistem Pengelolaan Pembelajaran (Learning Management System/LMS) Mandiri yang ke depannya diharapkan dapat memfasilitasi penyelenggarakan pelatihan Teknis dan Pelatihan Fungsional bagi ASN baik di Lingkup Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota se-NTB dengan pola pembelajaran Blended Learning dan/atau full-e learning. b). Adanya Jurnal eletronik “BESTARI” yang dimaksudkan sebagai Media bagi ASN di Nusa Tenggara Barat dalam memberikan kontribusi pemikiran bagi kemajuan NTB ke depannya. Jurnal ini juga menjadi satu Inovasi Instansi dalam mendukung Inovasi DaerahTahun 2021 ini. c). Status BPSDMD Provinsi NTB yang sudah terakreditasi sebagai Lembaga Penyelenggara Pelatihan dan Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa serta Tempat Uji Kompetensi Pengadaan Barang/Jasa. Atas capaian tersebut, BPSDMD Provinsi NTB ditetapkan juga oleh LKPP sebagai Tempat Uji Kompetensi Pengadaan Barang/Jasa Mandiri pada Tahun 2019 dan pada tahun 2020 memperoleh penghargan dari LKPP sebagai “Lembaga Pelatihan dan Pelaksana Ujian PBJ Berprestasi pada ajang “Indonesia Government Procurement Award”.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *