Home / BERITA / Mengaplikasikan Metode Pembelajaran Kolaboratif Pada Peserta Latsar CPNS

Mengaplikasikan Metode Pembelajaran Kolaboratif Pada Peserta Latsar CPNS

Mengaplikasikan Metode Pembelajaran Kolaboratif Pada Peserta Latsar CPNS

Saat ini pembelajaran kolaboratif merupakan salah satu metode pembelajaran yang cukup populer diterapkan. Metode ini memungkinkan keterlibatan peserta secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu metode kolaborasi adalah melalui permainan.

Tuti Aprianti., S.Sos., M.M. Widyaiswara Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi NTB menerapkan metode pembelajaran ini saat mengisi kelas dengan Materi Nasionalisme kepada Peserta Pelatihan Dasar CPNS.

β€œPermainan yg menggambarkan tentang bagaimana kita sebagai warga negara indonesia menjaga rasa nasionalisme itu jangan sampai memudar bahkan luntur dari diri, hal itu terilustrasikan dg bagaimana kita menangkap bola yang di lempar oleh teman (dimana lemparan itu dianggap sebagai pengaruh globalisasi), seberapa besar kemampuan kita menjaga agar bola tetap di udara, maka sebesar itu pula kita menjaga Nasionalisme pada diri.”

Seperti itulah maksud yang ingin disampaikan oleh Tuti Aprianti., S.Sos., M.M., hubungan dari permainan lempar bola dengan Nasionalisme.

 

Tuti Aprianti., S.Sos., M.M

 

Halaman ini terakhir diubah pada 26 Juli 2019, pukul 23.58

 

Check Also

URGENSI PERAN WIDYAISWARA DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI BAGI APARATUR SIPIL NEGARA || Oleh : HAELI., S.E., M.Ak (Widyaiswara)

URGENSI PERAN WIDYAISWARA DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI BAGI APARATUR SIPIL NEGARA Oleh : HAELI., S.E., M.Ak …

37 Komentar

  1. M. Yan Adrian

    Saya perhatikan metode ini bagus banget…. peserta nya keliatan menikmati permainan yang diberikan oleh Pengajar …. iya saya ndak tau istilahnya WI atau Dosen gitu…..? mmmm…. pasti nanti pesan yang disampaikan oleh pengajar akan cepat diserap dan diterima oleh peserta….

    Kalo Filosofinya sih….. nyambung dengan dengan penguatan nasionalisme di era global saat ini….

    Keep on … Metode nya perlu di gunakan terus….

     
    • Yess,,
      Setuju Pak M. Yan Adrian
      Trus berimprovisasi, biar ga bosen…, Seperti main melody gitar,, Improv Trussss…. heeeee.

       
    • Terimakasih masukannya pak…
      Mohon selalu kritikan dan sarannya,
      Ada kala nya pengajar merasa tertantang untuk bagaimana mengaktifkan kelas, terlebih lagi pada jam jam kritis (jam boci) plus dalam keadaan sedang berpuasa, tanpa mengeyampingkan sub stansi materi, materi tetap yang utama. Terimakasih pak Yan Adrian

       
  2. Metode ini sangatt luarr biasaa….semua peserta terlihatt aktif dan antusiass…dengann diskusi yang diberikann…luarr biasa para widyaiswara di BPSDMD NTB..

     
  3. diskusi dan memaknai nasionalisme melalui permainan. sederhana namun sangat mendalam maknanya πŸ™‚ thanks ibu WI

     
  4. meteri tentang “NASIONALISME”…membagi 3 kelompok dalam sebuah permainan yg sanggat mudah namu memiliki tujuan,sasaran akan menghasilkan sebuah tanggapan atau ide2 yg merujuk kepada meteri nasionalisme …

    3 kelompok mendapatkan filosofi nya dari masing2 gambar ….dan menjadikan sebuah Meteri yg utuh
    makasih buat WI ,Tuti Aprianti

     
    • Alhamdulillah.., pembahasan berkembang pada saat metode ” Gambar Estafet” ketika para peserta dimasing2 kelompok begitu semangat mengeluarkan pendapat, mempertahankan bahkan menyanggah pendapat yang lain, sangat mengat menguasai sub stansi tentang Nasionalisme, terbukti dengan kemampuan akademik dalam menyampaikan bahasan. Sukses buat latsar angkatan II tahun 2019.
      Pesan kami ambil yg baik tinggalkan yg buruk, do the bast.
      Ditunggu kabar juaranya

       
  5. Isna Walidah

    Asik sekali metode ini, ga buat ngantuk. Materi bisa diterima dengan baik. Sangat recommended dipakai sama WI yang lain πŸ™‚ Sukaaa belajar sama Bu Tuti…

     
    • Alhamdulillah…
      Tetap semangat gali terus ilmu bersama bpk ibu WI yang ada pada BPSDM, tetap semangat

       
  6. Nurul Hamdanillah

    Metode yg sangat efektif, dimana kami bisa belajar bagaimana mempertahankan, menjiwai, dan memaknai arti sebuah rasa nasionalisme. kami sangat antusias untuk mengikuti materi nasionalisme ini.
    Terimakasih banyak kepada ibu Tuti Aprianti, S.sos., M.M. Atas ilmu yg diberikan. InsyaAllah metode yg ibu gunakan ini bisa kami aplikasikan, ditempat kerja nanti

     
    • Alhamdulillah…
      Tetap semangat mencerdaskan anak bangsa, selamat menjadi guru yg kreatif untuk anak didiknya, sukses

       
  7. Luar biasaaaa…… pokoknya pecah deh ketika peneraan metode ini di kelas tadi siang di kelas C. Ngantuk ilang semangat pun datang…. WI nya juga kren abis.

     
    • Tapi masih ada satu yg belum terpecahkan, pasti sdh tau jawabannya….
      Sabar…sabar… Ini ujian…. πŸ˜€
      Semangat2 senang sdh pernah satu kelas dg orang2 hebat

       
    • Mantab metode pembelajarannya, tapi tentu harus disertai penjelasan yang teoritis dan aplikatif dari sang WI kpd peserta ttg nasionalisme tsb, karena model permainan untuk menggambarkan nasionalisme bisa saja banyak macam dan ragamnya.
      Salut dan terus dikembangkan

       
  8. Tapi masih ada satu yg belum terpecahkan, pasti sdh tau jawabannya….
    Sabar…sabar… Ini ujian…. πŸ˜€
    Semangat2 senang sdh pernah satu kelas dg orang2 hebat

     
  9. Good method.. Successful for WI BPSDMD NTB.. Salah satu metode yang merangsang peserta untuk berfikir kritis dan berpendapat.. Beri kesempatan setiap peserta untuk merefleksi terkait topik yg dibahas

     
    • Terimakasih masukannya mbak heny…
      Siap… peserta akan kami berikan ruang dan waktu seluas2 untuk Refleksi, hanya saja kita masih terkendala waktu kr perubahan perkalan no 12 thn 2018 tentang Latsar, merubah agenda II (ANEKA) dr 24 menjadi 12 JP di setiap mata diklat nya. Hal ini menjadi tantangan buat kami. terimakasih atas masukannya.

       
      • Mantab metode pembelajarannya, tapi tentu harus disertai penjelasan yang teoritis dan aplikatif dari sang WI kpd peserta ttg nasionalisme tsb, karena model permainan untuk menggambarkan nasionalisme bisa saja banyak macam dan ragamnya.
        Salut dan terus dikembangkan

         
    • Kelas bu Yanti terbaek memang. Seru bangeeetttt dr pagi smpe sore tumben gak ngantuk. 😁😁 Kelas cobra luar biasa! Ssssshhhh….

       
  10. Mantab metode pembelajarannya, tapi tentu harus disertai penjelasan yang teoritis dan aplikatif dari sang WI kpd peserta ttg nasionalisme tsb, karena model permainan untuk menggambarkan nasionalisme bisa saja banyak macam dan ragamnya.
    Salut dan terus dikembangkan

     
    • Siap pak kaban…
      Terimakasih kritik dan sarannya. Kedepaan kami akan berusaha untuk lebih kretif lagi.

       
  11. Pandu Dewanata

    Bisa jadi rujukan metode mengajar di kelas

     
  12. Pandu Dewanata

    bisa dijadikan rujukan untuk mengajar di kelas

     
  13. Semua terbaik…😍 Di atas langit masih ada langit.
    Sebenarnya penyebab kelas cobra itu tdk mengantuk di karenakan ada pawang nya yg selalu istikomah dr pagi hingga sore menjaga wajah nya agar tdk berkerut kr tawaπŸ˜… jadi kangen kelas C, salam semangat untuk semua

     
  14. Issny Putrisari

    Athe mist exciting class I have ever felt. Thanks Bu Yanti udah bikin kita ketawa lepas di kelas. Semoga bisa menginspirasi kami semua sebagai guru

     
  15. Issny Putrisari

    the most exciting class I have ever felt. Thanks Bu Yanti udah bikin kita ketawa lepas di kelas. Semoga bisa menginspirasi kami semua sebagai guru

     
    • Alhamdulullah ..
      I hope you are happy for that
      Semoga bermanfaat,

      Berterima kasihlah pada Mr.Pandu kr sebenar dialah yg menghibur kita

       
  16. Sy pikir akan sangat ngantuk dikelas, tpi dahsyatnya nggk sama sekali, metode yg disediakan menyenangkan. Biggest thanks to Bu Yanti, yg telah memberi motivasi dan dukungan jga

     
  17. Mantap lanjutkan, jangan pernah lelah untuk berpikir kreatif

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *