Home / BERITA / ORASI ILMIAH DAN PENGUKUHAN WIDYAISWARA AHLI UTAMA

ORASI ILMIAH DAN PENGUKUHAN WIDYAISWARA AHLI UTAMA

Hallo Sobat Gemilang dan Insan Berpikir...
Jakarta, 4 November 2021
Orasi ilmiah dan pengukuhan Widyaiswara Ahli Utama periode IV Tahun 2021 di Lembaga Administrasi Negara RI Jakarta, berlangsung selama dua hari, 3 s.d 4 November 2021. Orasi ilmiah diikuti 10 orang Widyaiswara Ahli Utama yang berasal dari Kementerian dan Pemerintah Daerah. Peserta orasi (orator) dari Provinsi NTB, Ir. H.Akhmad Makchul, M.Si. Widyaiswara pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi NTB, menyampaikan orasi dengan judul Pola Koordinasi Kelembagaan Dalam Penataan Ruang Kawasan Senggigi NTB.
Kawasan Senggigi menjadi lokasi studi karena kawasan tersebut adalah salah satu dari 18 kawasan strategis provinsi yg merupakan kawasan parwisata unggulan yg mengalami peningkatan cukup pesat di Indonesia, sejak kawasan ini ditetapkan sebagai kawasan strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dalam Rencana Induk Kepariwisataan Nasional (RIPNAS) dan Kawasan Strategis Provinsi (KSP) dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi NTB terjadi peningkatan aktivitas pembangunan, seiring dengan meningkatnya minat investor dalam pengembangan usaha sektor pariwisata sebagai salah satu sektor andalan dalam peningkatan ekonomi wilayah.
Implikasi dari berkembangnya kawasan tersebut adalah munculnya berbagai permasalahan antara lain konflik pemanfaatan ruang yang mengancam kesinambungan di kawasan tersebut,oleh karena itu,koordinasi dan keterpaduan antar lembaga,khususnya lembaga pemerintah yang terkait dalam pengelolaan sumber daya kawasan tersebut sangat di perlukan. Untuk itu, salah satu alat kendali kebijakan pembangunan untuk mengintegrasikan dan menyelaraskan berbagai sektor terkait di kawasan Senggigi adalah melalui penataan ruang wilayah yang serasi selaras dan berkesinambungan.
Terhadap konflik yg terjadi, dalam penelitian tersebut difokuskan pada 2 hal utama yaitu apa faktor-faktor yg menyebankan terjadinya konflik pemanfaatan ruang dan konflik kewenangan, serta bagaimana cara mengatasinya. Selanjutnya, dirumuskan apa kebijakan dan pola koordinasi kelembagaan yg ideal dalam penataan ruang sehingga dapat mengatasi konflik pengelolaan Sumberdaya di kawasan Senggigi.
Itulah yang fokus penelitian yg dilakukan Ir. Akhmad Makchul. M.Si dalam Karya Tulis Ilmiahnya. Dalam acara Orasi Ilmiah dan pengukuhan Widyaiswara Ahli Utama hari ini Kamis 4 November 2021 di LAN RI jakarta.
Mengingat masih dalam suasana covid maka acara orasi berlangsung sangat terbatas dan dihadiri oleh Majelis Orasi yakni ;
1. Dr. Muhammad Taufiq DEA (Deputi Bidang Kebijakan Bangkom ASN LAN RI- selaku Ketua Majelis )
2. Dr. Aris Widianto (Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN sebagai anggota)
3. Dr. Muhammad Haniv Ak.M.ST (Deputi Kerjasama Antar lembaga DPP.APWI sebagai anggota) serta
4. Drs Ir. LALU HAMDI, M.SI ( Kepala BPSDM Prov.NTB/lembaga Diklat)
Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pemerintah dalam penerapan pola koordinasi dlm pengelolaan kawasan strategis dengan menerapkan model kolaboratif. Namun, keberhasilan kolabirasi sangat ditentukan oleh leadership dan komitmen dari pihak-pihak yg terkait.
Harapan supaya hasil penelitian ini tidak hanya sampai konsep dan model diatas kertas, tapi perlu diimplementasikan secara real dalam mengatasi konflik pengelolaan sumberdaya wilayah pada kawasan-kawasan strategis lainnya. Kata Dr. Muhamad Taufik, DEA selaku Ketua Majelis.
Sementara Kepala BPSDMD NTB (Ir. Lalu Hamdi, M.Si )dalam penyampaian sangat mengapresiasi atas Karya Tulis Ilmiah Ir.Akhmad Mackhul. M.Si, Hasil penelitian ini sangat relevan dan bermanfaat untuk NTB. Pola pengelolaan yg direkomendasikan dikawasan Senggigi ini, menjadi model untk diterapkan dikawasan lain di NTB.
Untuk itu dokumen ini perlu disosialisasikan pada pemangku kewenangan/TKPRD NTB agar dikonsolidasikan dngan pihak terkait dalam pengelolaan kawasan2 lain. Penelitian ini merupakan refleksi dari amanat Undang undang bahwa dalam pengelolaan kawasan (RTRW/RZWP3K) wajib mengitegrasikan antar lembaga (pusat, daerah) antar dunia usaha/masyarakat, antar ekosistem darat dan laut serta antar ilmu pengetahuan dan prinsip manajemen.
 

Check Also

ORASI ILMIAH DAN PENGUKUHAN WIDYAISWARA AHLI UTAMA

Hallo Sobat NTB Gemilang dan Insan BerPIKIR... Orasi ilmiah dan Pengukuhan Widyaiswara Utama periode III …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *