Home / BERITA / PEMBUKAAN BIMTEK PENINGKATAN KAPASITAS LURAH ANGKATAN I TAHUN 2021

PEMBUKAAN BIMTEK PENINGKATAN KAPASITAS LURAH ANGKATAN I TAHUN 2021

LURAH, UJUNG TOMBAK PEMERINTAHAN DAN PELAYANAN PUBLIK

Saat ini, posisi Pemerintah Kelurahan, sangat strategis dalam percepatan akselerasi pembangunan daerah. Disisi lain, dengan dinamika tuntutan dan kebutuhan masyarakat, telah menjadi tantangan tersendiri dalam upaya sukseskan program. Hal ini disampaikan oleh Kepala BPSDMD Provinsi NTB, Ir. Wedha Magma Ardhi, M.T.P., saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Lurah Angkatan I se-NTB, di Wisma Tambora BPSDMD Provinsi NTB, Rabu (24/03/2021).

Kepala BPSDMD Provinsi NTB Bapak Ir. Wedha Magma Ardhi.,M.TP

Menurut Ardhi, sapaan akrabnya, sebagai unsur lini penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, kelurahan saat ini terus diperkuat dan diberi ruang lebih, untuk berkreasi sesuai dengan situasi dan kondisi wilayah masing-masing.

“Lahirnya Peraturan Mendagri Nomor 130 tahun 2018 tentang kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan, menunjukkan upaya penguatan peran dan ruang berkreasi pemerintah kelurahan,” jelasnya.

Penguatan peran dan ruang berkreasi ini, lanjutnya, membutuhkan sosok Lurah yang dapat memainkan peran pemimpin yang berkompeten, profesional, memiliki pemahaman utuh potensi yang ada di wilayahnya.

“Disinilah point penting pelaksanaan Bimtek ini. Melalui materi pembelajaran yang lengkap, dari aspek perencanaan, pelaksanaan, sampai monitoring dan evaluasi, termasuk penerapan standar pelayanan publik, peserta akan mendapatkan pembelajaran yang utuh, sehingga akan menjadi modal berharga dalam pengabdian ke masyarakat,” paparnya.

Untuk itu, Ia mengingatkan peserta untuk memanfaatkan Bimtek ini dengan sebaik-baiknya. “Ikuti dan manfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya. Gali dan diskusi bersama narasumber. Saya yakin dan percaya Bimtek ini dapat menjadi trigger effect peningkatan kualitas dan kompetensi para peserta,” pungkasnya.

Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Lurah Angkatan I ini, diikuti oleh 30 (tiga puluh) orang peserta, yang berasal dari Kabupaten/Kota se NTB. Dalam kegiatan yang berlangsung mulai 24-26 Maret 2021 ini menghadirkan sejumlah Narasumber yakni: Widyaiswara BPSDMD Provinsi NTB, BAPPEDA, BPKAD, Inspektorat, Biro Pengadaan Barang dan Jasa, Biro Pemerintahan dan Otda, Bale Mediasi, dan Ombudsman Perwakilan NTB.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *