Home / BERITA /  Serunya Kesiapsiagaan Bela Negara Diklatsar CPNS di BPSDM Prov.NTB

 Serunya Kesiapsiagaan Bela Negara Diklatsar CPNS di BPSDM Prov.NTB

 Serunya Kesiapsiagaan Bela Negara

Diklatsar CPNS di BPSDM Prov.NTB

 

BpsdmdNews, 12 oktober 2019,

Sebanyak 230 peserta Pelatihan Dasar (Latsar) Golongan III Angkatan XIV tahun 2019 Lingkup pemerintah Kab/Kota di BPSDMD Provinsi NTB mengikuti materi kesiapsiagaan bela negara yang dilaksanakan selama 3 hari (10-12 Oktober 2019). Pelaksanaan materi ini merupakan perwujudan dari pasal 5 Ayat 1(poin a.), Peraturan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2018, Tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil.

 

 

Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebagai calon aparatur pemerintahan sudah seharusnya mengambil bagian di lini terdepan dalam setiap upaya bela negara sesuai bidang tugas dan tanggungjawab masing-masing. Kesiapsiagaan bela negara bagi CPNS adalah kesiapan untuk mengabdikan diri secara total kepada negara dan bangsa dan kesiagaan untuk menghadapi berbagi ancaman multidimensional yang bisa saja terjadi di masa yang akan datang.

 

 

 

Kesiapsiagaan bela negara bagi CPNS menjadi titik awal dari langkah panjang pengabdian yang didasari oleh nilai-nilai dasar negara. Ketangguhan mental yang didasarkan pada nilai-nilai cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban demi bangsa dan negara akan menjadi sumber energi yang luar biasa dalam pengabdian sebagai abdi negara dan abdi rakyat.

 

Melalui penyelenggaraan Pelatihan Dasar bagi CPNS, para peserta akan diberikan wawasan kebangsaan dan nilai-nilai yang mendasari sikap perilaku bela negara. Menjelaskan dan mampu menganalisis isu kontemporer, seperti terorisme, pergaulan bebas, dan narkoba. Serta melakukan praktik yang mencerminkan kesiapsiagaan fisik dan mental dalam suatu kegiatan yang melatih kedisiplinan, kepemimpinan, kerjasama, dan prakarsa agar dapat mewujudkan kesiapsiagaan bela negara.

 

 

Selama tiga hari pelaksanaan Mata diklat Bela Negara peserta Latsar CPNS ini diberikan Materi oleh instansi terkait yang telah ditunjuk yakni dari Lanal Mataram, Korem 162 Wirabakti dan satpol PP Provinsi NTB

terkait kewaspadaan dini( fungsi fungsi intelijen dan  Badan Pengumpul data) yang bisa melatih kecermatan dalam mencari maupun menerima informasi,teori dan praktek tentang Keprotokolan dan TUS serta

melatih ketangkasan peserta dengan latihan baris-berbaris, kecerdasan mental dan uji ketahanan fisik yakni dengan melintasi sungai Jangkuk menuju kantor Gubernur Provinsi NTB.

《AR.12.10.2019》

 

Check Also

PERATURAN LAN RI

PERATURAN LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA REPUBLIK INDONESIA (LAN RI) PERATURAN KEPALA LAN RI 2019   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *