Home / SUARA WI / Setelah (ber) Inovasi, Hendaklah (ber) Istiqomah

Setelah (ber) Inovasi, Hendaklah (ber) Istiqomah

Setelah (ber) Inovasi, Hendaklah (ber) Istiqomah

Nurhikmah
Widyaiswara BPSDMD Provinsi NTB

Berita baik dari Peraturan LAN Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pelatihan Dasar CPNS adalah membuat para peserta kian gencar berinovasi. Betapa tidak, mereka diminta untuk mengaktualisasikan nilai-nilai dasar ASN yaitu ANEKA di unit kerjanya. Tapi ternyata gayung bersambut. Mereka tak hanya mampu mengaktualisasikan nilai ANEKA, tapi mampu berinovasi, mengeluarkan jurus jitu dan efektif dalam menghadapi isu di unit kerja nya. Sebagian besar

memang guru dan tenaga kesehatan, serta sebagian kecil tenaga teknis. Dari Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Barat, Kota Mataram, dan Kelas Gabungan Sumbawa KSB, terlihat antusiasme peserta Latsar tak hanya ingin lulus 100 persen sebagai ASN, tapi juga ingin berbuat yang terbaik dengan segala inovasi. Mereka percaya bahwa mengabdi berarti berinovasi. Mereka juga yakin, bahwa mereka adalah "agent of change", yang adaptif dengan perubahan.

Kalau menyitir apa yang dikatakan Kepala BPSDMD bahwa "choose your choice, and love your choice". Artinya apabila kita sudah mencintai pilihan kita maka kita akan membaktikan diri untuk mencintai pekerjaan sebagai ASN.

Dengan melakukan aktualisasi, para peserta latsar dapat menyimpulkan hal hal baik yang akan diterapkan selanjutnya dan belajar membuat rekomendasi kepada instansi maupun pemerintah. Setidaknya itu yang ditekankan oleh Dr. H. Lalu Sajim Sastrawan, SH., MH, saat menjadi penguji di Latsar Kota Mataram bulan lalu.

Seperti halnya tadi, saat seminar hasil di Kabupaten Lombok Barat, aktualisasi dengan inovasi dari setiap guru SMP baik guru bahasa Inggris, guru seni budaya, guru IPA, guru IPS, guru olahraga, dan guru Bimbingan Konseling.

"Semuanya bagus bagus, apalagi divisualisasikan lewat video. Kreatif dan inovatif", ujar Panca Surya, Penguji yang juga Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Dikbud Lombok Barat. Hal itu juga dibenarkan oleh para mentor, khususnya H. Mohammad Wajdi, M. Pd, kepala SMPN 5 Sekotong, sebagai mentor terakhir tadi. Namun, mereka mengingatkan agar setelah aktualisasi inilah sebenarnya pengabdian. Istiqomah itu yang penting, dan doa yang dipanjatkan dan dipimpin oleh Mohammad Wajdi tadi semoga menjadi pengingat untuk kita semua agar selalu istiqomah.

 

Check Also

SILATURAHIM KEPALA BPSDMD NTB DENGAN WIDYAISWARA

SILATURAHIM KEPALA BPSDMD NTB DENGAN WIDYAISWARA   Suasana Silaturahim Kepala BPSDMD NTB dengan Para Bapak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *