Home / BERITA / SOSIALISASI PENTINGYA PENGGUNAAN MASKER & PEMBAGIAN MASKER OLEH BPSDMD NTB

SOSIALISASI PENTINGYA PENGGUNAAN MASKER & PEMBAGIAN MASKER OLEH BPSDMD NTB

SOSIALISASI PENTINGYA PENGGUNAAN MASKER & PEMBAGIAN MASKER OLEH BPSDMD NTB

 

 

Hallo Sobat NTB Gemilang, Menindaklanjuti surat Sekretaris Daerah perihal penugasan OPD untuk pengurangan resiko penyebaran covid-19 melalui pemakaian masker, Senin tanggal 11 Maret 2020 Badan Pengembanagan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi NTB terjun langsung ke lapangan untuk mensosialisasikan penggunaan masker kepada masyarakat yang belum menggunakan masker. Dalam kesempatan ini BPSDMD NTB melakukan sosialisasi dan pembagian masker di daerah Gerimax tepat di depan Ex Lombok City Center. Kegiatan ini langsung di damping oleh ibu Sekretaris BPSDMD NTB ibu GUSTI AYU PARIATNI, S.E. Beliau turut serta membagikan dan mensosialisasikan pentingnya penggunaan masker kepada para pengendara yang melintas.


Informasi yang ada saat ini mengindikasikan bahwa dua cara utama transmisi virus COVID-19 adalah percikan (droplet) saluran pernapasan dan kontak. Percikan saluran pernapasan dihasilkan saat seseorang batuk atau bersin. Setiap orang yang berada dalam kontak erat (dalam radius 1 m) dengan orang yang menunjukkan gejala-gejala gangguan pernapasan (batuk, bersin) berisiko terpapar percikan saluran pernapasan yang kemungkinan dapat menyebabkan infeksi (infeksius). Percikan juga dapat jatuh ke permukaan benda di mana virus tetap aktif; oleh karena itu, lingkungan sekitar terdekat dari orang yang terinfeksi dapat menjadi sumber penularan (penularan kontak).


Penggunaan masker adalah salah satu langkah pencegahan yang dapat membatasi penyebaran penyakitpenyakit saluran pernapasan tertentu yang diakibatkan oleh virus, termasuk COVID-19. Namun, penggunaan masker saja tidak cukup memberikan tingkat perlindungan yang memadai, dan harus dilakukan juga langkah-langkah lain. Terlepas dari apakah masker digunakan atau tidak, kepatuhan maksimal dalam menjaga kebersihan tangan dan langkah-langkah PPI lainnya sangat penting untuk mencegah penularan COVID-19 dari orang ke orang.


Sebagai langkah awal, kota Mataram ditunjuk sebagai pilot project pada 32 titik lokasi yang meliputi pasar, terminal, dan titik-titik keramaian lainnya. Hal ini dilakukan sebagai langkah awal penerapan pemakaian wajib masker ini awalnya dilaksanakan di Kota Mataram sebagai pilot project. Pelaksanaan dan penegakan disiplin mulai diberlakukan mulai Kamis, 14 Mei 2020, jika masyarakat tidak memakai masker maka akan dikenakan sanksi.

 

Check Also

STRUKTUR ORGANISASI BPSDMD PROVINSI NTB

Bagan Struktur Organisasi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *