Home / BERITA / SUKSESNYA PENYELENGGARAAN PELATIHAN DASAR MANAJEMEN BENCANA

SUKSESNYA PENYELENGGARAAN PELATIHAN DASAR MANAJEMEN BENCANA

Hallo Sobat NTB Gemilang dan Insan Berpikir..

Giat pelatihan dasar Manajemen Bencana ini merupakan kegiatan pelatihan yang terselenggara berkat Kerjasama antara Pusdiklat BNPB dengan BPSDMD NTB beserta BPBD NTB. Pusdiklat BNPB sebagai inisiator penyelenggara dipusat sedangkan BPSDMD beserta BPBD NTB sebagai penyelenggara di tingkat daerah. Giat ini diselenggarakan selama 5 hari. Dimulai pada tanggal 28 September 2020 sampai dengan tanggal 02 Oktber 2020 bertempat di Ballroom Garuda Hotel Golden Pallace Mataram.

Ditengah era adaptasi kebiasaan baru maka pelatihan ini mengusung metode blended dalam pembelajarannya. Dimana menggabungkan antara metode klasikal tatap muka dan metode daring melalui video conference maupun e-learning. Kegiatan pelatihan ini dibuka secara langsung oleh KALAK BPBD Provinsi NTB bapak I Gusti Sugihartha serta sambutan yang disampaikan oleh Kapusdiklat BNPB melalui video conference zoom meeting.

Sambutan pembukaan oleh KALAK BPBD NTB

 

Pelatihan dasar menajamen bencana ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang bagaimana manajemen bencana dari Langkah pencegahan, saat terjadi bencana maupun pasca bencana. Sehingga diharapkan para peserta yang mengikuti diklat ini akan menjadi garda terdepan untuk bisa melakukan hal terkait dengan manajemen pada saat terjadi bencana pada setiap OPD atau Instansi masing-masing. Terhitung sebanyak 38 orang yang menjadi peserta pada pelatihan ini yang terdiri dari lingkup pemerintah Provinsi, Pemkot Mataram, Pemkab Lobar, Loteng, Lotim dan Lotara. Para peserta yang mengikuti DIklat ini sudah melalui tahapan Rapid Test sehingga dapat dipastikan seluruh peserta dalam keadaan Non Reaktif.

suasana pembelajaran

pembelajaran melalui media daring

Para Narasumber atau pengajar pada diklat ini terdiri dari Widyaiswara dari Pusdiklat BNPB, Widyaiswara BPSDMD NTB serta BPBD Kabupaten Lotim. Dalam kegiatan Diklat ini para peserta nampak antusias mengikuti kegiatan pembelajaran dengan metode e-learning ini menggunakan zoom meeting dan google class room. Para peserta mendapatkan pengamalan baru dalam mengikuti kediklatan yang mengusung e-learning di era adaptasi kebiasaan baru ini.

Penutupan Acara oleh Kepala BPSDMD NTB

Penutupan diklat ini diakhiri dengan kegiatan post tes yang diikuti oleh para peserta yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana pemahaman peserta selama mengikuti kegiatan diklat. Pada kesempatan ini juga Kepala BPSDMD NTB Bapak Wedha Magma Ardhi berkenan untuk menutup acara diklat yang telah diselenggarakan selama 5 hari ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *