Home / BERITA / Uji Komptensi Jabatan Fungsional Pol PP dan P2UPD Binaan Kemedagri

Uji Komptensi Jabatan Fungsional Pol PP dan P2UPD Binaan Kemedagri

Kegitan Pra-Uji Kompetensi serta di rangakai dengan kegitan uji Kompetensi Jafung Pol PP dan P2UPD melaui jalur Penyusuaian/inpasing lingkup pemerintah Provinsi NTB dengan Anggaran Dekonsentrasi APBN 2018 dibuka resmi oleh Kepala BPSDMD provinsi NTB Bapak H.Rusman SH.MH di dampingi Kepala Pusat Lembaga Sertifikasi Kompetensi Kementerian dalam Negeri Jakarta serta Kabag Umum Insfektorat Jendral Kemendagri dan Kepala Bidang Sertifikasi Kompetensi dan pengelolaan Kelembagaan ibu Dra. Baiq Noviana indiari,.yang diikuti oleh  167 orang peserta inpasing Pol PP dan P2UPD Se-Provinsi NTB dan Asesor asesor pusat serta Daerah.

Bapak Kepala BPSDMD Provinsi NTB dalam sambutannya menyampaikan SDM adalah unsur utama dalam Organisasi yang memegang peranan yang sangat menetukan  keberhasilan organisasi baik dalam penyelenggaraan pemerintahan ataupun pembangunan,mengingat pentingnya peranan tersebut,maka PNS sebagai unsur utama SDM Aparatur dalam organisasi Publik harus mempunyai Kompetensi yang memadai.

Menurut Undang undang No 5 Tahun 2014 pasal 69 ayat 3, ada 3 jenis Kompetensi yang harus di miliki oleh ASN yaitu : Kompetensi teknis, yakni Kompetensi yang di ukur dari tingkat dan spesilisasi pendidikan, pelatihan teknis fungsional dan pengalaman kerja secara teknis. Selajutnya Kompetensi Manajeril  yang di ukur dari tinkat pendidikan struktural manajemin dan pengalaman kepemimpinan dan ketiga adalah Kompetensi Sosio-Kultural yang di ukur dari pengalaman kerja berkaitan dengan masyarakat majemuk dalam hal agama,suku dan budaya sehingga memiliki wawasan kebangsaan.

Disamping 3 Kompetensi di atas  juga terdapat 1 Kompetensi lagi yang harus dipenuhi oleh ASN seabagaimana tertuang dalam pasal 233 ayat 2 UU no 23 tahun 2013 yaitu kompetensi pemerintahan yaitu Pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang terkait dengan kebijakan Desentralisasi.

4 jenis Kompetensi ini harus dimiliki oleh seseorang ASN agar dapat membantu organisasi dalam mencapai tujuannya imbau kepala BPSDMD Provinsi NTB disela Sambutannya bersama kepala Pusat LSP Kemdagri. Mataram 30 dan 31 Mei 2018

 

Kepala BPSDMD Prov.NTB
Kepala BPSDMD Prov.NTB (H.Rusman.,SH.MH)
Pengarahan Teknis
Peserta P2UPD

 

 

Check Also

PELANTIKAN & PENGUKUHAN KEPENGURUSAN DPD APWI

“APWI NTB Hendaknya Berfokus Pada Sinergi, Inovasi, dan Teknologi Informasi Pada Pengembangan SDM di NTB” …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *